Pengalaman Membeli Domain di RumahWeb Beserta Biayanya



Sudah lama saya ingin memiliki domain sendiri karena alasan klasik yaitu ingin terlihat professional. Alasan lainnya adalah supaya ada motivasi untuk rutin menulis karena adanya biaya yang dikeluarkan. Sebenarnya saya tidak begitu paham tentang dunia ini. Ada banyak sekali cara dan tutorial yang bertebaran di internet yang bisa dibaca. Untuk ukuran saya yang gaptek, proses dari awal pembelian sampai memasangnya di blog tergolong cepat, antara 1-2 jam.

Ada banyak penyedia jasa domain dan hosting. Setelah membaca review, saya memilih RumahWeb. Untuk harga domain yang berujung .com adalah Rp 120.000/tahun. Saya membelinya langsung untuk dua tahun ditambah dengan biaya proteksi akun sejumlah Rp 10.000/tahun yang menjadi 260.000. Biaya proteksi ini berguna untuk melindungi data pribadi, menghindari SPAM dan menyembunyikan data WHOIS domain. Kemudian dikenakan pajak PPN 10% sebesar Rp 26.000. Total yang saya bayarkan untuk 2 tahun adalah Rp 286.000.

Untuk pemasangannya sendiri, saya tidak menemukan banyak kesulitan. Informasi yang ada di webnya sangat membantu. Panduan yang saya pegang adalah dari sugeng.id dan dari rumahweb itu sendiri.

So, berencana membelinya juga? ^^

3 comments:

  1. First, big congratulations untuk domain [dot] com nya.. Second, tampilan blog nya kece. Aku suka aku suka. Third, sama, aku beli domain alasannya cuma dua, keliahatan profesional dan biar rajin nulis walau ujung2nya dusta. Fourth, welcome back kak icem...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaayyyyy.. Makasi, Jasmi <3
      Yaaayyyyy.. Makasi, Jasmi <3
      Yaaayyyyy.. Makasi, Jasmi <3
      Yaaayyyyy.. Makasi, Jasmi <3

      Makasinya 4 kali juga biar seimbang dengan ucapannya hahahaha ~ Ini biar otak makin segar ye kan, semoga hidup juga sama wkwk.. Muahmuahhh

      Delete
  2. Kalau ini pengalamanku mbak hehe http://www.masyawi.top/2018/08/pengalaman-pertama-membeli-domain.html

    ReplyDelete