Dua Minggu Social Media Detox: Kembali ke Blogger dengan Konsep Baru


Source: Melanie Bullock
Blog ini sudah saya mulai sejak tahun 2012. Awalnya, konsep blog saya adalah fashion blogging yang tujuannya untuk sharing outfit of the day atau yang terkenal dengan istilah #OOTD.  Sekitar 2 tahun kemudian terutama ketika sudah lulus kuliah dan mendapat predikat wanita dewasa yang harus mandiri dan bekerja, lambat laun prioritas berubah.

Kehadiran media sosial juga menjadi salah satu alasan kenapa laman blog saya menganggur begitu lama. Sebut saja Instagram. Kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan oleh platform berbasis visual ini cocok sekali dengan konsep fashion blogging. Yah, walaupun saya hanyalah kasta biasa di sana dan bukan seorang selebgram hahahaha.. I was very active on Instagram!



Tapi akhirnya saya lelah juga.

Kejenuhan saya di media sosial mungkin berasal dari tidak pintarnya saya membagi waktu dan menyaring tajamnya paparan informasi yang datang. Beberapa kali juga saya merasa kalau media sosial ini mengikis beberapa ranah di jiwa saya—Membandingkan diri dengan orang lain, tidak percaya diri dan gampang menghakimi orang. Tapi jangan dipikir saya ngga akan kembali hahaha.. I will! I always love social media xD

The so-called social media detox ini saya lakukan untuk berpikir dan melatih jari dan keinginan saya untuk mengecek akun medsos berulang-ulang. Saya juga sering tidak sadar sudah menghabiskan waktu berjam-jam untuk melihat ini-itu yang let say, hanyalah sebuah hiburan dan tidak memberi nutrisi yang berarti untuk otak.
Source: Pinterest
Selama vakum itulah saya berpikir cukup panjang—bagaimana agar saya bisa lebih produktif di dunia maya tanpa merasa sia-sia?

Saya akan kembali ke instagram setelah meyakinkan diri kalau saya bisa membagi waktu dengan baik dan bisa lebih menyaring apa yang seharusnya diikuti dan tidak. Tidak menulis di blog, bukan berarti saya tidak menulis sama sekali. Saya bahkan sangat rajin menulis caption yang super niat Instagram dan beberapa kali mengirimkan artikel ke IDNTimes dan Hipwee. Cek tulisan saya disini dan di sini. 

Akumulasi dari sadang jenuhnya saya dengan media sosial membuat saya berpikir, kenapa tidak kembali menghidupkan blog saja?

Untuk fashion blogging, jujur saya sudah tidak kuat lagi. Saya sudah jarang sekali foto-foto #OOTD dan tidak sanggup lagi khusus mengutak-atik lemari untuk photoshoot—kecuali kalau kondangan. Mungkin usia yang bertambah adalah jawabannya hihihi.. Ngga ada yang fotoin juga sih. Kalau dulu, bela-belain timer otomatis juga jadi xD

Supaya ada rasa tanggung jawab dan menandakan kesiapan saya untuk berubah haluan, saya membeli domain dan meminta teman membuatkan header baru. Untuk kedua hal ini, akan saya bahas di postingan yang lain :) Doakan saya semangat yah. Lalu, seperti apakah konsep baru blog saya? Saya berencana untuk lebih banyak sharing informasi terutama tentang lifestyle, beasiswa dan tentang hidup for overall. Yah pokonya ngga hanya terisi dengan foto-foto tanpa tulisan kaya dulu Insya Allah. Semoga yah xD

Thank you for reading ^^

Cheers..
Annisa Mulia Razali

4 comments:

  1. Liat kak icem mulai nulis lagi, aku juga udah mulai semangat lagi. Ayo kita semangat kakak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus semangat! Biar ngga weuh hatee hahaha

      Delete
  2. aku lebih sering lupa waktu kalau buka pinterest ketimbang FB/IG, kalau fb dan ig suka bikin jeles sama yg lain hahahahhh /elus dada/ selamat nge-blog lagi mbaa ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinterest emang bikin seger mata sih.. Hihihi..
      Dan bener, IG itu bikin elus dada wkwk..

      Thank you udah mampir ya ❤

      Delete